Robert Doisneau - Google Doodle

Logo Google hari ini memajang empat buah foto hitam-putih karya Doisneau tentang keindahan jalanan.

Robert Doisneau - Google Doodle


Siapa Robert Doisneau ?


Dilansir dari Wikipedia, Sabtu (14/4/2012), lahir di Gentilly, Val-de-Marne, Paris, pada 14 April 1912, Doisneau merupakan seorang fotografer Prancis. Pada 1930, dia menggunakan kamera Leica untuk mengabadikan keindahan jalanan di Paris. Bersama dengan Henri Cartier-Bresson, Doisneau juga merupakan pelopor foto jurnalistik.

Doisneau terkenal dengan karyanya pada 1950 Le baiser de l'hôtel de ville (Kiss by the Hôtel de Ville), yang merupakan foto pasangan berciuman di tengah jalan Paris yang sibuk. Pada 1984, Doisneau diangkat sebagai Chevalier (Kstaria), yaitu tanda penghargaan tertinggi yang dianugerahkan Presiden Prancis sejak Napoleon Bonaparte.

Doisneau dikenal karena gambarnya yang sederhana, menyenangkan, kelas sosial yang berbaur dan kesan eksentrik dari jalanan dan kafe di Paris. Dipengaruhi oleh karya André Kertész, Eugène Atget, and Henri Cartier-Bresson, dalam lebih dari 20 tahun dia menyajikan visi menawan dari kelemahan manusia dan kehidupan sebagaI sebuah rangkaian yang tenang dan ganjil.

Salah satu kutipannya yang terkenal adalah, "Keajaiban kehidupan sehari-hari begitu menyenangkan, tidak ada sutradara film yang bisa mengatur hal tidak terduga yang ditemukan di jalanan".

Doisneau juga memenangkan beberapa penghargaan selama hidupnya, termasuk Balzac Prize (1986), Grand Prix National de la Photographie (1983), Niepce Prize (1956) dan Kodak Prize (1947). Sebuah film pendek juga pernah dibuat untuk menghormatinya yang berjudul 'Le Paris de Robert Doisneau' pada 1973 dan untuk menghormati karya fotografinya tentang budaya anak-anak jalanan juga ada beberapa sekolah yang dinamai menurut namanya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Google dengan judul Robert Doisneau - Google Doodle. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://abc-xp.blogspot.com/2012/04/robert-doisneau-google-doodle.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Saturday, April 14, 2012

1 Komentar untuk "Robert Doisneau - Google Doodle"

  1. Sungguh sebuah karya fotografi yang mungkin bagi saya sangat mengagumkan. Nice Share, deh, pokoknya! Lanjutkan!

    ReplyDelete