Karapan Sapi

Karapan Sapi Indonesia - Karapan Sapi adalah salah satu budaya Indonesia yang di perenalkan oleh masyarakat Pulau Madura Jawa Timur. Karapan sapi yang disebut oleh masyarakat Madura adalah Pesta Rakyat Khas Madura, Karapan Sapi juga dilakukan untuk lomba di Madura.

Karapan Sapi

  • Sejarah Karapan Sapi
Karapan Sapi adalah Permainan adu cepat balapan Sapi Khas Pulau Madura. Kesenian ini pada mulanya berasal dari Pulau Sapudi, Kabupaten sumenep atas prakarsa dari pangeran Katandur pada akhir abad 13.

Awalnya ingin memanfaatkan tenaga kerja Sapi sebagai pengolah Sawah. Berangkat dari ketekunan bagaimana cara membajak sapinya bekerja, mengolah tanah persawahan, ternyata berhasil dan tanah tandus pun berubah menjadi tanah subur.

Melihat gagasan bagus dan membawa hasil positif, tentu saja warga masyarakat mengikuti jejak pangerannya. Akhirnya tanah di seluruh pulau sempudi yang semula gersang, menjadi tanah subur yang bisa di tanami Padi. Hasil panenpun berlimpah ruah dan jadilah desa yang subur makmur.

Dasar Pangeran ketandur tidakpernah diam, ada saja yang ingin dilakukan untuk memajukan warga masyarakatnya. Setiap hari Ia melihat Sapi-sapi itu tenaganya hanya dimanfaatkan membajak Sawah, sesudahnya hanya berdiam diri di kandangnya. Melihat keadaan itulah, maka pangeran ketandur lalu mengajak warga di desanya untuk mengadakan balapan Sapi. Akhirnya tradisi balapan Sapi gagasan Pangeran Ketandur itulah yang hingga kini terus berkembang dan di jaga kelestariannya. Hanya namanya diganti lebih populer dengan "Karapan Sapi".

Nah kalian pasti sudah tau kan Bagaimana Sejarah Karapan Sapi sebaiknya terus dilestarikan.
Saya sebagai Blogger Indonesia #XLaluCintaIndonesia :D
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori SEO Contest dengan judul Karapan Sapi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://abc-xp.blogspot.com/2012/01/karapan-sapi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Wahyu Arief - Thursday, January 5, 2012

8 komentar untuk "Karapan Sapi"

  1. lomba karapan sapi mank keren sob tp syang kagak pernah nonton secara langsung cuman di tipi aja,
    salam 7 FB

    ReplyDelete
  2. Selamat berlomba.
    Dan selamat melestarikan kebudayaan karapan sapi.

    Salam 7 FB.

    ReplyDelete
  3. @WahidBlog hehe sama mas ane juga nggak pernah nonton langsung pernahnya di tipi aja :D

    ReplyDelete
  4. wew, kontes nih gann,, moga menang yaa? ^^

    ReplyDelete
  5. kontes ya? wow
    ane juga belom pernah nonton langsung.. hehe
    nice post om.. :D

    ReplyDelete
  6. pgen melihat karapan sapi, tapi gk ada di daerah saya,,,

    ReplyDelete
  7. Karapan sapi budaya asli indonesia yg harus di lestarikan. mampir juga ke punya saya. http://gamersrevolution62.blogspot.com/2012/01/karapan-sapi.html

    ReplyDelete
  8. wah, Kontes apaan lg nigh,?

    ane Bookmark dulu yagh sobat

    SAlam 7 FB

    ReplyDelete