Bob Moog Penemu Musik Elektronik / Synthesizer

Bob Moog Penemu Musik Elektronik / Synthesizer
Bob Moog Penemu Musik Elektronik / Synthesizer. Bob Moog - Hari ini Google sebagai situs terbesar di Dunia kembali memperingati hari kelahiran seseorang yang dianggap pernah memiliki prestasi semasa hidupnya, yaitu Bob Moog yang merupakan penemu Moog Synthesizer sekaligus adalah pelopor musik elektronik. Bob Moog sendiri lahir pada 23 Mei 1934 dan pada hari ini adalah bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-78.

Bob Moog sendiri memiliki nama lengkap, yaitu Robert Arthur Moog dan pada umurnya yang ke-30 tahun menemukan perangkat yang dia berikan nama Moog Synthesizer, yaitu sebuah alat instrumen musik elektronik pertama kali di dunia. Adapun proyek pengerjaan Moog Synthesizer ini sendiri dilakukan oleh Bob Moog di Cumbia-Princeton Electronic Music Center di Amerika yang sekarang dikenal dengan Computer Music Center.

Awal proyek pengerjaan Moog Synthesizer dikembangkan dengan menggunakan osilator pengatur tegangan, Generator ADSR, dan modul synthesizer lainnya. Hal ini dikerjakan oleh Bob Moog bersama rekannya yang juga seorang komposer bernama Herbert Deutsch.

Penemuan Bob Moog ini secara resmi diperkenalkan kepada publik pada tahun 1964 di konvensi AES. Pada tahun 1966, Moog mengajukan permohonan paten untuk low-pass filter dengan nomor paten 3.475.623 yang kemudian diakui secara resmi oleh pemerintah Amerika Serikat pada bulan Oktober 1969.

Dibawah payung perusahaan Moog Music, produksi synthesizer dengan gaya piano user interface standar synthesizer semakin banyak dilakukan. Moog juga telah mulai mengembangkan standar untuk produksi synthesizer dengan antar muka kontrol analog.

Adapun intrumen pertama yang berhasil diciptakan adalah synthesizer modular. Pada tahun 1971 secara resmi pula Moog Music mulai memproduksi Minimoog Model D yang kemudian merupakan salah satu jenis Synthesizer dengan portabel dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau pada masanya.




Video Bob Moog dengan Alat Musik Elektroniknya

Moog Music sendiri pada awalnya mendapatkan pelanggan bernama Wendy Carlos dan sekaligus sebagai orang yang banyak memberikan masukan berharga untuk pengembangan perangkat Moog Synthesizer lebih lanjut. Keterlibatannya dalam pembuatan perangkat musik elektronik membuat Bob Moog banyak menjalin hubungan dekat dengan para artis, seperti halnya dengan Don Buchla, Keith Emerson, Rick Wakeman, John Cage, Gerson Kingsley, Clara Rockmore, dan Pamelia Kurstin.

Demikianlah sekilas mengenai perjalan hidup Bob Moog dalam pembuatan Moog Synthesizer yang merupakan perangkat musik elektronik pertama di dunia.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Google / News dengan judul Bob Moog Penemu Musik Elektronik / Synthesizer. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://abc-xp.blogspot.com/2012/05/bob-moog-penemu-musik-elektronik.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, May 23, 2012

1 Komentar untuk "Bob Moog Penemu Musik Elektronik / Synthesizer"