Mengetahui Fakta Google Pagerank

Mengetahui Fakta Google Pagerank. Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada sobat yang telah sering berkunjung ke blog sederhana ini karena saya telah mendapatkan 2 pagerank dari google :D.

Apa Itu Google Pagerank
Berdasarkan Wikipedia, definisi dari Google PageRank adalah sebuah fungsi algoritma yang diciptakan oleh pendiri perusahaan Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin dan telah dipatenkan secara hukum. Fungsi utamanya yaitu untuk menentukan website mana yang lebih populer ataupun lebih penting.

Mengetahui Fakta Google Pagerank

Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Jangan Terobsesi Dengan Pagerank
Banyak webmaster yang sangat terpengaruh atau bahkan terobsesi dengan tingkatan pageranknya entah itu karena bisnis, gengsi, atau apapun itu. Mereka melupakan hal yang terpenting yaitu kualitas website dan kontennya. Padahal kualitas website dan kontennya merupakan hal yang sangat fatal. Konten adalah raja. Jika kalian memiliki konten yang berkualitas maka baik user maupun search engine akan mengikuti kalian dan itu akan berdampak pada tercapainya tujuan kalian. Lagipula jika kualitas konten kalian bagus maka tidak menutup kemungkinan para pembaca yang memiliki blog akan memberika link kepada kalian secara cuma - cuma! Hal tersebut tentu nantinya akan berpengaruh terhadap tingkatan Google Pagerank kalian. Mungkin ini saja artikel tentang Google Pagerank. Semoga informasi ini bermanfaat terutama untuk para webmaster yang salah kaprah dengan pagerank.

Simak yang ini ya:
Referensi:
Rating: 5
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Google / SEO dengan judul Mengetahui Fakta Google Pagerank. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://abc-xp.blogspot.com/2012/02/mengetahui-fakta-google-pagerank.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Tuesday, February 7, 2012

9 komentar untuk "Mengetahui Fakta Google Pagerank"

  1. pertamaX...diamankan.

    #iya sob, tpi kok saya masih belum dapat google pagerank gimana ya???

    ReplyDelete
  2. @mania-xp :: wah masa sih sob,, ane cek di www.cekpr.com sobat mendapat 1 PR tuh...

    ReplyDelete
  3. wah selamat ya gan langsung dapet PR 2 semoga makin sukses bang blognya

    ReplyDelete
  4. astikel yg bermanfaat sob :) selamat juga y dapat 2 pagerank :D

    ReplyDelete
  5. Selamat sob dapat pagerank 2... Maaf jarang berkunjung lagi sibuk tugas sekolah!!!

    ReplyDelete
  6. balik lagi ni gan di tunggu postingan berikutnya
    salam 7 FB

    ReplyDelete
  7. Tips yang sabgat bagus gan maju terus....

    ReplyDelete
  8. Betul gan ga perlu pusinglah mikirin pagerank...

    ReplyDelete